Harus Tahu! Inilah Platform Jualan Karya NFT dan Cara Daftarnya

Platform Jualan Karya NFT

Belakangan ini istilah NFT begitu populer di sejumlah kalangan. Pasalnya, banyak orang yang bisa mendapatkan penghasilan secara menjanjikan dari platform NFT. Sehingga wajar jika banyak orang mulai tertarik mencari informasi terkait berbagai jenis platform jualan karya NFT.

NFT (Non-Fungible Token) merupakan suatu bentuk aset digital yang mewakili barang berharga tertentu dan memiliki nilai yang tidak dapat diganti ataupun dipertukarkan. Setiap NFT akan memiliki data catatan transaksi di dalam jaringan Blockchain. Data-data tersebut meliputi banyak hal termasuk riwayat pemilik, pembuat, harga, dan lain sebagainya.

Apa Itu Marketplace NFT?

NFT Marketplace pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan pengertian marketplace pada umumnya yang sudah dikenal banyak orang. Hanya saja komoditas produk atau aset yang diperdagangkan cukup berbeda bila dibandingkan dengan marketplace umumnya.

Beberapa marketplace seperti Amazon, Shopee, Lazada, Ebay, Alibaba, dan lain sebagainya umumnya menjual produk-produk fisik tertentu yang bisa dibeli secara online. Sedangkan untuk marketplace NFT, produk utama yang dijual adalah berupa karya digital berupa NFT yang juga bisa dibeli secara online.

Melalui platform NFT Marketplace ini, nantinya Anda bisa melakukan transaksi jual-beli NFT secara lebih mudah. Nantinya, Anda tidak perlu lagi repot mencari calon pembeli atau memasarkan NFT tersebut ke orang-orang. Sebab di marketplace tersebut menjadi titik yang akan mempertemukan para kreator NFT dengan kolektor yang berminat dengan NFT tersebut.

Sama seperti pada marketplace konvensional, transaksi di marketplace NFT pun umumnya bersifat gratis dan dilakukan secara online. Selain itu, pembayaran transaksi NFT pun umumnya menggunakan mata uang kripto tertentu seperti Ethereum, Polygon, dan lain sebagainya sesuai dengan kebijakan platform tersebut. 

5 Platform Jualan Karya NFT Terbaik Untuk Mendulang Cuan

Seperti karya seni digital pada umumnya, NFT pun bisa diperdagangkan antara satu pengguna dengan pengguna lain. Terdapat wadah atau platform yang memang bisa digunakan untuk mengakomodir terjadinya transaksi jual-beli NFT di atas jaringan Blockchain.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa platform jualan karya NFT yang cukup populer dan patut dipertimbangkan. Terlebih bagi Anda yang memiliki keinginan untuk bisa mendapatkan cuan dari transaksi berbasis NFT.

1. Platform Jualan Karya NFT : OpenSea

Rekomendasi tempat menjual karya NFT yang pertama bisa dipertimbangkan adalah OpenSea. Platform yang satu ini sudah cukup terkenal dikalangan kreator NFT di berbagai dunia. Bahkan OpenSea menjadi salah satu platform marketplace NFT terbesar di dunia.

Hingga saat ini, OpenSea memiliki tingkat perdagangan yang sangat tinggi yakni lebih dari 13,25 miliar USD. Sehingga wajar kalau platform ini begitu banyak diminati oleh berbagai kalangan yang ingin melakukan transaksi ase NFT.

Selain kemudahan akses, OpenSea juga sudah mendukung banyak sekali jenis jaringan Blockchain. Sehingga memungkinkan dilakukan proses transaksi dengan menggunakan berbagai jenis mata uang kripto.

Mulai dari Ethereum, Polygon, dan bahkan juga Klatyn sehingga para pengguna memiliki lebih banyak opsi pembayaran kripto. Selain itu, OpenSea juga sudah mendukung berbagai jenis dompet perangkat lunak untuk kripto.

Misalnya MetaMask, Coinbase, Dapper, Fortmatic, dan lain sebagainya. Sehingga Anda tidak perlu terpaku hanya pada satu atau dua jenis dompet kripto digital. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan proses transaksi dan penyimpanan aset-aset kripto dari para penggunanya.

Bagi Anda yang tertarik menjual karya NFT di Open Sea cara membuat akun-nya pun terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi marketplace tersebut dan kemudian melakukan pendaftaran pada kolom yang sudah disediakan.

Pastikan kalau Anda melakukan proses pendaftaran dengan benar dan lengkap. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan bahwa informasi yang diisikan pada saat melakukan pendaftaran pun harus benar agar tidak terjadi hal-hal yang menyusahkan di kemudian hari. Terlebih jika Anda ingin melakukan pencairan mata uang kripto dari hasil penjualan NFT tersebut.

2. Axie Marketplace

Pilihan tempat menjual karya NFT yang bisa dipilih selanjutnya adalah Axie Marketplace. Jika OpenSea adalah platform yang bersifat umum dan bisa menampung berbagai jenis karya NFT maka tidak demikian dengan Axie Marketplace.

Axie Marketplace merupakan platform jual-beli karya NFT yang memang khusus menampung aset NFT yang berkaitan dengan game. Jadi kalau Anda termasuk orang yang gemar bermain game online maka platform yang satu ini adalah pilihan terbaik yang tidak boleh diabaikan.

Perlu Anda ketahui bahwa Axie Marketplace ini sendiri masih berafiliasi dengan perusahaan game NFT Android bernama Axie Infinity. Permainan ini adalah salah satu game online yang sangat diminati karena bisa menjadi tempat untuk menghasilkan NFT.

Bisa dikatakan bahwa Axie Marketplace adalah pesaing terdekat bagi OpenSea. Hal ini terlihat dari volume perdagangan yang berhasil dicapai oleh marketplace yang satu ini. Untuk volume perdagangan di Axie Marketplace tercatat bisa menyentuh angka sebesar 2,1 miliar USD. Namun untuk aset yang bisa diperdagangkan hanya berupa karakter peliharaan dari game Axie saja.

Cara mendaftar platform ini juga tidak terlalu rumit dan bahkan bisa dilakukan dengan step-step yang terbilang cukup praktis. Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi dari platform marketplace tersebut dan melakukan pendaftaran pada kolom yang sudah disediakan.

3. Rarible

Platform jualan karya NFT yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah Rarible. Mungkin masih banyak diantara Anda yang kurang begitu familiar dengan nama platform yang satu ini. Sebab namanya pun belum setenar seperti platform lain semisal OpenSea.

Akan tetapi kalau Anda ingin mencari platform tempat jual-beli NFT yang memiliki tampilan sederhana dan mudah dipahami maka Rarible adalah solusinya. Tampilan website dari platform ini terbilang sangat user friendly sehingga mudah digunakan bahkan oleh para pemula sekalipun.

Rarible adalah ecommerce khusus NFT yang dikelola oleh komunitas publik. Platform marketplace ini beroperasi di atas jaringan Blockchain Ethereum dan sudah mendukung berbagai jenis karya seni kolektif maupun seni digital.

Meski mungkin masih banyak yang kurang mengetahui Rarible, namun platform ini termasuk ke dalam jajaran marketplace yang cukup menjanjikan. Volume perdagangan yang dimiliki platform ini bahkan sudah mencapai lebih dari 210 juta USD.

Kalau Anda masih termasuk pemula dalam dunia NFT baik itu sebagai penjual ataupun pembeli, maka Rarible adalah saran terbaik untuk Anda. Selain memiliki tampilan yang simple, platform ini juga dilengkapi berbagai fitur fungsional lainnya.

Terkait masalah pembayaran pun sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan sebab platform ini sudah mendukung banyak kanal pembayaran. Mulai dari menggunakan MetaMask, MyEtherWallet, WalletConnect, Coinbase Wallet, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang tertarik melakukan transaksi di platform Rarible, bisa langsung mengunjungi situs resmi dari platform yang bersangkutan. Kemudian silakan lakukan pendaftaran akun pada situs tersebut melalui menu yang sudah disediakan. 

4. CryptoPunks

Rekomendasi pilihan tempat menjual karya NFT yang bisa Anda pilih selanjutnya adalah CryptoPunks. Marketplace yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Larva Labs sehingga Anda tidak perlu bingung dengan kedua penyebutan tersebut. Pasalnya keduanya merujuk pada satu entitas atau platform yang sama.

CryptoPunks menawarkan koleksi karya-karya NFT yang begitu unik di dalam marketplacenya. Sehingga tidak mengherankan apabila karya-karya NFT di platform ini kerap ditawar dengan harga yang sangat mahal berkat keunikan yang dimiliki.

Sebagai salah satu platform marketplace NFT terbesar di dunia, CryptoPunks memiliki tingkat volume perdagangan yang cukup tinggi. Volume transaksi yang dimiliki platform ini bahkan sudah menembus angka lebih dari 1,2 miliar USD.

Meski menawarkan sejumlah keunggulan, namun platform ini juga tidak lepas dari kekurangan. Salah satu yang cukup disorot adalah dukungannya terhadap jenis crypto wallet. Pasalnya, CryptoPunks hanya mendukung dompet kripto berupa MetaMask saja.

Lalu bagaimanakah cara mendaftar di platform jualan karya NFT CryptoPunks? Caranya sangat mudah sebab Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi dari platform tersebut. Lalu klik menu Login dan silakan pilih opsi Sign Up untuk melakukan pendaftaran. Selanjutnya hanya perlu mengisikan data-datanya secara benar dan lengkap sebelum bisa memulai transaksi NFT.

5. Marketplace KnownOrigin

KnownOrigin adalah opsi tempat menjual karya NFT yang bisa dipilih selanjutnya. Platform yang satu ini memang tidak sebesar beberapa marketplace yang telah disebutkan sebelumnya. Terutama jika dilihat dari volume perdagangan aset yang dimiliki oleh platform tersebut.

Hanya saja, KnownOrigin terkenal sebagai platform menjual karya NFT aset seni murni secara digital. Jadi kalau Anda termasuk penggemar karya seni maka platform ini adalah pilihan terbaik yang bisa dikunjungi. Bahkan  bisa dikatakan kalau KnownOrigin adalah wadah bagi para seniman yang ingin menjual karya-karya mereka dalam bentuk NFT.

Sebagai marketplace yang memang berorientasi pada penjualan karya seni murni maka wajar kalau KnownOrigin menawarkan pengalaman seni tinggi bagi penggunanya. Platform ini bahkan menyediakan pengalaman kunjungan layaknya berada di museum secara virtual. Nantinya, pandangan Anda akan dimanjakan dengan berbagai lukisan yang unik dan dijual sebagai NFT.

Meski karya seni tersebut dipajang secara ‘bebas’ namun Anda tidak perlu khawatir terhadap kemungkinan tindakan pencurian aset. Pasalnya, setiap karya seni yang dipajang pada platform KnownOrigin sudah dilindungi dengan sistem proteksi IPFS. Sehingga tingkat keamanannya pun sudah sangat optimal.

Kalau Anda tertarik bergabung menjual karya seni NFT di KnownOrigin maka cara pendaftarannya pun terbilang sangat mudah. Anda cukup mengunjungi situs resminya melalui gawai atau perangkat yang Anda miliki.

Kemudian silahkan cari menu Apply to Join untuk melakukan pendaftaran akun. Setelah itu, Anda hanya perlu melakukan step-step pendaftaran sesuai dengan petunjuk yang sudah disediakan. Pastikan Anda mengisikan setiap datanya dengan benar dan tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Kalau Anda ingin berbelanja di marketplace ini maka bisa menggunakan dompet kripto berupa MetaMask ataupun juga Formatic. Dengan demikian, Anda tidak hanya terpaku pada penggunaan satu dompet kripto saja saat akan melakukan transaksi perdagangan NFT.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai beberapa rekomendasi platform jualan karya NFT terbaik yang bisa dipertimbangkan. Melihat popularitas NFT yang cenderung mengalami peningkatan, kini banyak orang tertarik mencari uang melalui NFT. Kalau Anda termasuk salah satunya, maka beberapa platform di atas bisa menjadi referensi yang tidak boleh diabaikan.