Harus Tahu! Inilah Kunci Keberhasilan Menjual NFT Biar Cuan

Kunci Keberhasilan Menjual NFT

Belakangan ini, NFT (Non-Fungible Token) terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan dari waktu ke waktu. Terlebih banyak orang yang bisa mendapatkan penghasilan tinggi dengan cara menjual karya di platform NFT. Hal ini membuat banyak orang mulai tertarik mencari Kunci Keberhasilan Menjual NFT agar bisa mendapatkan cuan.

Meningkatnya popularitas dunia digital membuat banyak orang semakin tertarik menekuni bisnis online. Salah satunya adalah dengan menjual karya seni dalam format digital pada platform berbasis NFT. Sebab banyak orang berpikiran bahwa menjual karya seni lewat platform NFT bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan kekayaan.

Apa Itu NFT?

Sebelum membahas secara lebih jauh terkait dengan kiat-kiat sukses dalam proses penjualan karya NFT, mungkin masih banyak diantara Anda yang belum tahu apa itu NFT. Maka dari itu, pada bagian ini terlebih dahulu akan diulas apa itu pengertian dari NFT.

Singkatnya, NFT (Non-Fungible Token) merupakan suatu  aset computerized yang mewakili beragam jenis barang berwujud maupun tak berwujud yang dianggap unik. Jadi masing-masing objek atau karya yang dibuat menjadi NFT akan menjadi karya unik yang tidak boleh diduplikasi.

Meskipun NFT baru populer belakangan ini, namun sebenarnya dunia NFT sudah hadir sejak tahun 2014 yang lalu. Hal ini seiring dengan semakin banyaknya kemunculan mata uang kripto yang beredar di atas teknologi Blockchain.

Saat ini, NFT umumnya berupa karya seni digital baik itu dalam bentuk gambar, musik, klip video, tulisan digital, dan lain sebagainya. Setiap karya NFT bersifat unik dan berbeda dari karya lainnya sehingga NFT bisa digunakan sebagai bukti kepemilikan terhadap suatu aset atau barang digital.

Karakteristik yang Dimiliki Oleh NFT

Sebagai salah satu teknologi baru, NFT memiliki beberapa karakteristik tertentu yang membuatnya berbeda dengan karya seni pada umumnya. Adanya karakteristik tersebut membuat NFT menjadi suatu karya unik yang tidak bisa diduplikasi secara sembarangan.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa karakteristik utama yang dimiliki oleh NFT.

1. NFT Bersifat Unik

Karakteristik NFT yang paling menonjol adalah sifatnya yang sangat unik dalam dunia kripto dan Blockchain. NFT bisa digunakan untuk membuat sebuah karya seni yang sangat unik antara satu dan yang lainnya.

Hal ini membuat NFT menjadi aset tunggal yang hanya bisa dimiliki oleh satu orang pemilik pada rentang waktu tertentu. Artinya, setiap karya seni hanya bisa dimiliki oleh satu pemilik karena di dalam karya tersebut terdapat serangkaian kode unik yang bisa dilacak untuk mengetahui keaslian dan originalitas dari karya NFT.

2. Karya NFT Bisa Dilacak

Karakteristik berikutnya yang dimiliki oleh karya NFT adalah sifatnya yang bisa dilacak. Sebagai bagian dari teknologi kripto, NFT sangat berkaitan dengan dunia Blockchain. Kepemilikan, sumber, dan juga pergerakan NFT bisa dilihat pada jaringan teknologi Blockchain.

Karya NFT yang bisa dilacak ini menjadikan NFT bersifat transparan sehingga bisa dilacak secara real time. Hal ini berguna untuk meminimalisir terjadinya tingkat kejahatan ataupun hal-hal yang tidak diinginkan pada aset kripto yang Anda miliki.

3. Mudah Diidentifikasi

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya bahwa NFT bersifat unik di dalam jaringan Blockchain dan kripto. Maka dari itu NFT tidak bisa dipalsukan ataupun dilakukan replikasi pada suatu jenis karya tertentu.

Sebagai bagian dari Blockchain, setiap token didukung oleh sebuah ‘buku besar’ atau ledger digital. Buku besar digital ini bisa dilihat oleh para pengguna dalam jaringan namun tidak bisa diubah. Hal ini membuat token NFT menjadi lebih mudah untuk dilakukan autentifikasi secara lebih lanjut. 

4. Mudah Didaptasi

Sebagai salah satu aset teknologi digital, NFT terbilang sangat mudah beradaptasi dan juga fleksibel dalam penggunaannya. NFT tidak hanya bisa digunakan pada satu sektor atau satu bidang saja. Namun bisa juga digunakan pada beberapa sektor berbeda sesuai dengan ranah penggunaannya.

NFT sangat mudah beradaptasi dan juga membaur dengan segmen teknologi lainnya. Misalnya saja diadaptasi ke dalam dunia Metaverse yang belakangan ini juga semakin populer digarap oleh para raksasa teknologi dunia.

Kunci Keberhasilan Menjual NFT  yang Perlu Anda Ketahui

Santernya pemberitaan sejumlah media terkait dengan adanya seseorang yang menjadi miliarder dari NFT, membuat banyak orang tertarik dengan dunia NFT. Sehingga banyak orang mulai berbondong-bondong untuk terjun ke dalam dunia NFT dengan menjual sejumlah karya digital ataupun aset digital lainnya.

Bagi Anda yang juga tertarik mencari peruntungan dalam dunia NFT, berikut adalah beberapa Kunci Keberhasilan Menjual NFT yang perlu diperhatikan para pemula.

1. Kunci Keberhasilan Menjual NFT : Pilih Jaringan Blockchain yang Tepat

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa NFT dibangun di atas teknologi berbasis Blockchain. Maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkan pemilihan jenis jaringan Blockchain yang akan digunakan untuk membuat NFT.

Sebisa mungkin Anda perlu memilih jaringan Blockchain yang tepat agar penjualan NFT tersebut nantinya dapat berjalan secara optimal. Anda memiliki fleksibilitas dalam memilih jenis Blockchain publik maupun juga Blockchain privat untuk pengembangan karya NFT tersebut.

Beberapa contoh jaringan Blockchain yang bersifat publik antara lain adalah Bitcoin, Ethereum, ataupun Litecoin. Selain bersifat publik, jaringan Blockchain tersebut juga termasuk open source dan bisa digunakan secara gratis sepenuhnya.

Hanya saja, untuk Blockchain publik tidak mengizinkan Anda merahasiakan data diri dan informasi pribadi. Sehingga jaringan Blockchain publik ini benar-benar bersifat transparan dalam proses transaksi dan juga penggunanya.

Sekarang ini jaringan Blockchain yang cukup populer digunakan untuk mengembangkan NFT adalah Ethereum. Selain tingkat keamanan yang lebih optimal, harga koin kripto Ethereum pun terbilang cukup kompetitif bila dibandingkan dengan jenis koin kripto lainnya.

2. Gunakan Strategi yang Matang Saat Masuk ke Pasar NFT

Mungkin banyak yang berpikiran bahwa menjual karya NFT terbilang cukup mudah dilakukan. Sebenarnya anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena memang menjual karya NFT tidaklah semudah yang dibayangkan.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan pada saat Anda ingin masuk ke dalam dunia NFT. Salah satunya adalah dengan memikirkan jenis strategi yang paling tepat dan efektif untuk menggaet audiens dan juga calon pembeli.

Ketika ingin memasuki dunia perdagangan NFT, ada baiknya kalau terlebih dahulu mengetahui siapa target konsumen yang ingin Anda sasar. Tujuannya adalah agar Anda bisa lebih mudah dalam memilih jenis strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran yang tepat akan membuat proses pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien sehingga meningkatkan peluang terjadinya konversi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih strategi pemasaran NFT antara lain adalah target audiens, jenis campaign, dan lain sebagainya. Mengetahui target konsumen secara lebih jelas dan spesifik akan memudahkan dalam proses penjualan karya.

3. Tidak Ada Salahnya Membuat Tim yang Solid

Meskipun penjualan NFT bisa dilakukan secara mandiri, namun tidak ada salahnya kalau Anda mengembangkan dan memiliki tim tersendiri. Tentu saja tim yang dimaksud adalah tim yang solid dan juga kompak agar proses pengembangan dan penjualan NFT bisa berjalan secara lebih maksimal.

Ketika memiliki tim, tentunya Anda pun akan menjadi lebih mudah dalam menekuni dunia NFT. Sebab beban kerja bisa dibagi dengan rekan satu tim dan bisa meminimalisir terjadinya stres yang melambung akibat memikirkan karya NFT.

4. Buat Suatu Karya NFT yang Unik

Agar potensi penjualan karya NFT menjadi semakin besar, ada baiknya kalau Anda membuat karya NFT yang unik. Setiap karya NFT yang unik dan berbeda tentunya akan membuat para kolektor menjadi semakin tertarik untuk membeli karya tersebut.

Karya NFT yang sifatnya unik tentunya akan memiliki daya tarik tersendiri di mata calon konsumen. Sehingga mereka tidak lagi enggan untuk melakukan pembelian karya NFT tersebut meski harus merogoh kantong secara lebih mendalam.

Sekarang ini banyak karya NFT yang cenderung ikut-ikutan semisal menjual foto selfie dan lain sebagainya. Hal ini mungkin terinspirasi dari Ghozali yang bisa menjadi miliarder dengan hanya menjual foto selfie miliknya selama kurun waktu tertentu.

Meskipun cara ini berhasil untuk Ghozali namun belum tentu hal yang sama akan berlaku untuk Anda. Maka dari itu, ada baiknya kalau Anda mengembangkan karya NFT berdasarkan pengalaman, pengetahuan, dan juga daya kreativitas yang dimiliki.

Karya NFT yang lahir dari kreativitas tinggi umumnya akan lebih menarik minat para konsumen untuk membelinya. Sehingga potensi Anda untuk mendapatkan pemasukan dari dunia NFT pun menjadi lebih besar.

5. Memiliki Kesabaran Tinggi

Meski ada sejumlah orang yang bisa menjadi kaya dari NFT, namun perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut tidaklah instan. Mereka tidak menjadi miliarder hanya dalam kurun waktu satu malam saja. Namun bisa memakan waktu yang bertahun-tahun agar bisa menjadi seperti yang Anda lihat sekarang ini.

Sebut saja misalnya Ghozali yang beberapa waktu lalu viral karena menjadi miliarder dari NFT. Namun untuk bisa menjadi kaya raya, Ghozali membutuhkan waktu lebih dari 5 tahun untuk mengumpulkan foto selfie setiap hari. Foto-foto tersebutlah yang dijual di platform NFT sehingga bisa membuatnya menjadi miliarder.

Mengingat bahwa orang-orang tidak bisa menjadi kaya dalam waktu singkat saat menjual NFT, maka Anda harus memiliki tingkat kesabaran tinggi. Di dalam NFT Anda harus memiliki tingkat kesabaran yang ekstra tinggi karena produk NFT yang dijual tidak serta-merta akan bisa langsung laku.

Jadi sebelum memutuskan untuk memasuki dunia transaksi jual-beli NFT, pastikan kalau Anda memiliki tingkat kesabaran tinggi. Selain tingkat kesabaran yang tinggi, Anda juga harus konsisten dan kontinyu dalam membuat karya-karya NFT.

Semakin konsisten Anda membuat NFT maka akan semakin banyak pula jenis karya yang bisa dihasilkan. Imbasnya, Anda pun akan memiliki jumlah karya NFT yang semakin banyak yang bisa dijual ke pasaran. Semakin banyak karya NFT maka potensi untuk bisa melakukan penjualan pun akan menjadi semakin besar di pasaran.

Itulah pembahasan lengkap mengenai beberapa Kunci Keberhasilan Menjual NFT  yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya ulasan tersebut, Anda tidak perlu bingung dan khawatir lagi dengan strategi yang tepat jika ingin mulai terjun ke dalam dunia NFT.